Ketum PP Muhammadiyah akan Buka Musywil ke 12 Muhammadiyah & Aisyiyah Sumut di Asahan

MITRA KAMTIBMAS (Medan) – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir akan membuka Musyawarah Wilayah (Musywil) ke 12 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Jumat (27/11/2015), di Alun-alum Pemkab Asahan.

Selain Haedar Nashir, juga akan hadir Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dra. Siti Noordjannah Djohantini, Plt. Gubernur Sumut Teuku Erry Nuradi dan Plt Bupati Asahan Fitriyus.

Musywil merupan forum musyawarah tertinggi ditingkat wilayah diharapkan dapat menjadi forum konsolidasi bagi organisasi Islam terbesar itu dalam menghadapi tantangan masadepan yang lebih berat. Musywil Muhammadiyah dan Aisyiyah kali ini mengambil tema Gerakan Pencerahan Menuju Sumatera Utara yang Bersih”.

Ketua Panitia Musywil Dr. Agussani MAP kepada wartawan, Selasa (24/11) menjelaskan, Musywil yang akan diikuti 1000 peserta Muhammadiyah dan Aisyiyah serta sekitar 5000 penggembira yang datang dari berbagai kota di Sumatera Utara itu akan berlangsun hingga Ahad (29/11/2015).

Agenda utama Musywil, selain mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban PW Muhammadiyah dan Aisyiyah Periode 2010-2015, penyusunan program kerja lima tahun ke depan juga adalah pemilihan Pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah Wilayah Sumatera Utara periode 2015-2020. Alhamdulillah, persiapan Musywil sudah rampung, diharapkan semua agenda kegiatan akan berlangsung dengan baik dan lancar, jelas Agussani.

Beberapa agenda yang akan meramaikan Musywil di Kisaran adalah, Pawai Taaruf yang akan diikuti ribuan warga Muhammadiyah dengan menapilkan barisan marchingband dari beberapa sekolah Muhammadiyah di Sumatera Utara serta Bazar UMKM.

Kandidat

Musywil ke 12 Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumatera Utara akan memilih 13 calon pimpinan wilayah Muhammadiyah dan 11 calon pimpinan Aisyiyah. Panitia Pemilihan Muhammadiyah sudah menjaring 52 kandidat calon untuk memimpin Muhammadiyah lima tahun ke depan.

Ketua Panitia Pemilihan Drs. Mario Kasduri MA mengatakan, 52 calon sementara itu akan dikerucutkan menjadi 39 calon tetap. Ke-39 nama calon tetap itulah nantinya yang akan dimajukan pada forum pemilihan untuk memilih 13 nama yang kemudian menjadi formatur untuk menyusun PW Muhammadiyah Periode 2015-2020.

Sementara itu, Panitia Pemilihan Aisyiyah, Dra. Salmi Abbas MH menjelaskan, Panitia Pemilihan sudah menjadi 36 nama calon Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara periode 2015-2020. Jelas Salmi Abbas dari 36 nama itu kemudian akan dikerucutkan menjadi 33 nama sebagai calon tetap. Peserta Musywil Aisyiyah kemudian akan memilih 11 nama untuk menjadi PW Aisyiyah Sumatera Utara.

Muhammadiyah saat ini memiliki 25 Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah di seluruh Sumatera Utara. Perkembangan Muhammadiyah sangat menggembirakan. Muhammadiyah memiliki berbagai program unggulan di bidang dakwah, sosial dan pendidikan.

Berbagai amal usaha Muhammadiyah kini terus tumbuh dan berkembang untuk mendukung berbagai program-program ke-ummatan yang dilakukan Muhammadiyah. (har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *